Bangun Karakter Kedamaian, Kemenag Lamteng Gelar Dialog Lintas Agama.

Bangun Karakter Kedamaian, Kemenag Lamteng Gelar Dialog Lintas Agama. Foto : humas.

GUNUNG SUGIH-BINTANGPOST : Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Tengah, H. Farid Wajedi,S. Ag., M. Kom.I., membuka kegiatan Dialog Lintas Agama dari berbagai kalangan masyarakat dan Profesi Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2021, di Aula Rumah Makan Siang Malam, Bandar Jaya (29/06).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ka. Subbag Tata Usaha, Kasi Intelijen Kejari Lamteng, Kasat Intel Polres Lamteng dan masyarakat/tokoh lintas agama Lampung Tengah.

Dengan mengangkat tema Semangat Nasionalisme Menjadikan Kerukunan Umat Beragama Sebagai Salah Satu Modal Bangsa Menuju Indonesia Maju, kegiatan ini melibatkan peserta dari berbagai kalangan masyarakat dan profesi sebanyak 30 orang, yang terdiri dari MUI Lamteng, NU, Muhammadiyah, LDII, Persatuan Gereja Indonesia, Persatuan Hindu Dharma Indonesia, Walubi, Umat Katolik, FKUB, FORGIMALA, serta Pegawai pada kantor Kemenag Lampung Tengah.

Ketua panitia, H. Khairil Anwar Pohan, S. Ag., M. Ap., menjelaskan maksud dari kegiatan ini adalah memberikan informasi dan membahas isu-isu keagamaan serta kerukunan antar umat beragama dalam upaya mengantisipasi setiap perkembangan dalam rangka menjaga stabilitas politik dan keamanan pada masyarakat,
membangun dialog lintas agama, menampung aspirasi organisasi keagamaan dan aspirasi masyarakat, serta melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan dan kebijakan dibidang keagamaan yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama dan pemberdayaan masyarakat.

Kepala Kemenag Farid Wajedi mengatakan, Kabupaten Lampung Tengah sebagai daerah majemuk yang kaya akan ragam budaya etnis dan agama, dikenal memiliki masyarakat yang berkarakter saling menghormati. 

"Pemerintah dan para pemuka agama di Indonesia senantiasa membangun karakter untuk saling menghormati dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama, dengan tujuan menciptakan kedamaian. Karena perdamaian harus diperjuangkan. Tanpa perdamaian di masyarakat, sulit untuk mencapai kesejahteraan, peningkatan ekonomi, dan kestabilan politik. Untuk mencapai semua itu, diperlukan keharmonisan dan kerja sama sosial dalam bermasyarakat," terangnya.

Ia menambahkan bahwa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Tengah beserta Pemerintah dan para pemuka agama di Kabupaten Lampung Tengah senantiasa membangun karakter untuk saling menghormati dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama, memelihara keharmonisan dan kerja sama sosial dalam bermasyarakat. 

"Tujuannya yaitu menciptakan kedamaian dan saling menghargai antar pemeluk agama, sehingga terwujud kenyamanan dalam mencapai kesejahteraan, peningkatan ekonomi dan kestabilan politik,"ujarnya.

Diakhir pemaparan, Farid berpesan agar semua dapat saling mengenal antar agama, dapat saling menghargai satu dengan yang lain serta untuk mempererat nilai-nilai kerukunan dan toleransi.(win/ato)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Lampung Tengah.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment