Polres Pringsewu Kukuhkan Pokdarkamtibmas dan Dai Kamtibmas

Polres Pringsewu Kukuhkan Pokdarkamtibmas dan Dai Kamtibmas Foto: gus/bintangpost.com.

PRINGSEWU-BINTANGPOST : Kepala Kepolisian Resort (Polres) Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri, SIK mengukuhkan Pokdarkamtibmas dan Dai Kamtibmas Kabupaten Pringsewu, Rabu (2/12/2020).

Kegiatan pengukuhan yang dilaksanakan di ballroom Hotel urban Style Pringsewu tersebut, dihadiri oleh Dirbinmas Polda Lampung Kombespol Anang Triarsono, S.IK M.Si, Bupati Pringsewu diwakili Sekda Hasan Basri, Wakapolres Pringsewu Kompol Misbahuddin, Dandim 0424 Tanggamus diwakili Pabung Mayor Cpm. Eva  Wakil ketua DPRD Kab. Pringsewu Riski Raya Saputra, Ketua Pokdarkamtibmas Lampung Firman Rusli, Ketua Dai Kamtibmas Lampung Sulaiman Bardan serta sejumlah tamu undangan.

Dirbinmas Polda Lampung Kombes Pol Anang Triarsono, SIk, M.Si menyatakan, tujuan dikukuhkannya Pokdarkamtibmas dan Dai Kamtibmas untuk membantu tugas Polri dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Pokdarkamtibmas dan Dai Kamtibmas ini, membantu tugas polri dibidang preemtif (pencegahan) dalam menciptakan situasi kamtibmas diwilayahnya,” ujarnya.

Menurut Anang terbentuknya Pokdarkamtibmas dan Dai Kamtibmas, karena keikhlasan tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam membantu Kepolisian dalam menjaga Kamtibmas.

Dirbinmas juga berharap, masyarakat lainnya ikut serta dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.

Karena, lanjutnya, tugas Polri bukan hanya penegakan hukum. Mana kala bisa diselesaikan secara kekeluargaan, maka selesaikan melalui Pokdarkamtibmas.

Sementara itu Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri, SIK merinci jumlah Pokdarkamtibmas dan Dai Kamtibmas yang dikukuhkan, totalnya mencapai 165 orang antara lain, Dai ada 96 dari setiap kecamatan dan Pokdarkamtibmas sejumlah 69 orang namun karena keterbatas tempat dan dalam menerapkan protokol kesehatan maka hanya dihadiri oleh sejumlah perwakilan.

Ia mengaku dengan adanya Pokdar dan dai kamtibmas, Polri sangat terbantu untuk menciptakan situasi yang kondusif di Kabupaten Pringsewu.

Sebelumnya Kepolisian Resor Pringsewu telah membentuk kepengurusan Pokdar dan dai kamtibmas wilayah kabupaten Pringsewu. Dalam susunan kepengurusan  Drs Hi Wanawir, AM, MM, M.pd ditunjuk sebagai ketua umum Pokdar Kamtibmas sedang ketua umum dai Kamtibmas dijabat oleh Ustad Ahmad Saifudin (Gus)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment