Sutono Harapkan Pesawaran Jadi Pendukung Swasembada Pangan

Sutono Harapkan Pesawaran Jadi Pendukung Swasembada Pangan Gerakan Tanam Perdana di lahan cetak sawah baru serta Pencanangan Desa Mandiri Kakao di Kabupaten Pesawaran..

BINTANGPOST : Dengan bertambahnya areal sawah di kabupaten Pesawaran dari program Kementrian Pertanian sebanyak 390 hektare, Kabupaten Pesawaran diharapkan dapat mendukung Provinsi Lampung menjadi daerah swasembada pangan. 

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Lampung Sutono yang mewakili Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo mengatakan bahwa, Kabupaten Pesawaran masuk kedalam daerah yang ikut mendukung program Pemprov Lampung menjadi daerah swasembada pangan. 

Menurutnya, Kabupaten Pesawaran, dinilai mampu meningkatkan hasil produksi pangan, apalagi Pesawaran merupakan salah satu daerah penghasil kakao terbesar diprovinsi Lampung. Untuk itu, kabupaten/kota yang ada di Provinsi Lampung ini harus saling mendukung guna merealisasi program swasembada pangan. 

"Sesuai perintah Presiden Jokowi dan Pak Gubernur, saat ini sangat diharapkan majunya di sektor pertanian, perkebunan dan peternakan. Karena hal ini untuk mendukung swasembada pangan di Provinsi Lampung," jelas Sutono, saat menghadiri Kegiatan Gerakan Tanam Perdana di lahan cetak sawah baru serta Pencanangan Desa Mandiri Kakao dan Penanggulangan Penyakit Gangguan Reproduksi Ternak tahun 2017, di Desa Kertasana Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran, Kamis (7/12). 

Dia juga mengatakan, Pesawaran merupakan salah satu daerah penunjang penghasil pangan kita di provinsi Lampung. Untuk itu dirinya berkeyakinan bahwa kabupaten Pesawaran mampu meningkatkan hasil produksi pangannya. 

"Tentunya dengan teknologi dan inovasi hal ini dapat terwujud, sehingga dapat membangun swasembada pangan kita. Ditambah lagi Pesawaran sebagai salah satu daerah centra kakao, dan kakao bisa dikembangkan lebih dari pada sebagai hasil produksi pertanian saja, tinggal bagaimana masyarakat disini bisa mendukung hal itu," ungkapnya. 


Sementara itu, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona yang turut hadir dalam acata tersebut mengatakan, saat ini pihaknya juga telah mengembangkan hasil produksi pertanian unggulan kabupaten Pesawaran, salah satunya adalah kakao. 

Namun demikian, Dendi menambahkan bahwa, saat ini perlu adanya langkah stimulan untuk bisa tetap menjaga hasil produksi kakao di Kabupaten Pesawaran. 

"Saat ini banyak keluhan dari petani kakao kita bahwa tanaman kakao banyak yang perlu di revitalisasi. Makanya saya sangat bersyukur, Pemprov Lampung telah memberikan 200 hektare untuk bantuan rehabilitasi tanaman kakao. Meskipun belum mampu mengakomodir semua kebutuhan kita, tapi setidaknya bantuan ini bisa menstimulan para petani kakao di Pesawaran," ujar Dendi. 

Bupati juga mengungkapkan, bahwa memang kabupaten Pesawaran merupakan penyumbang kakao terbesar di Provinsi Lampung, karena ada hampir 30 ribu hektare lahan tanam kakao dikabupaten tersebut. 

"Jadi bisa dibilang Pesawaran ini buminya kakao. Dan ditahun 2018 nanti, kita akan canangkan kampung kakao yang pusatnya ada di Desa Kurungan Nyawa Kecamatan Gedong Tataan, dengan kebun percontohannya di Desa Sungai Langka sampai dengan Desa Wiyono," terangnya. 

Dendi menambahkan, tahun 2018 Pemkab Pesawaran juga akan terus meningkat hasil produksi tanaman padi, yang ditargetkan pada tahun 2018 mendapatkan peningkatan hasil produksi panen sebesar 5 sampai 10 persen.

Karena hal tersebut, lanjutnya, sesuai dengan adanya penambahan lahan sawah dimana sebelumnya hanya ada sekitar 15 ribu hektare. Dan dengan adanya program penambahan lahan cetak sawah baru seluas 390 hektare ini, tentunya akan meningkatkan hasil produksi padi kabupaten Pesawaran.

"Saya berharap, kedepannya Pemprov Lampung maupun Pemerintah Pusat dapat terus mendukung Kabupaten Pesawaran untuk bisa meningkatkan hasil produksi pertanian dan perkebunan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para petani yang ada dikabupaten Pesawaran ini," ungkapnya. (Reft)


Admin

Reporter bintangsaburai.com region Pesawaran.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment