Menkopolhukam Buka APKASI Otonomi Expo 2019

Menkopolhukam Buka APKASI Otonomi Expo 2019 Foto. Ist.

BINTANGPOST : Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Wiranto mewakili Presiden RI Joko Widodo, membuka kegiatan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi Expo 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta, Rabu (3/7/2019).

Kegiatan AEO 2019 yang akan digelar dari tanggal 3-5 Juli 2019 tersebut, dihadiri oleh Bupati se-Indonesia, para duta besar negara sahabat, dan para pimpinan lembaga negara.

Dalam sambutannya Wiranto menyampaikan arahan dari Presiden RI kepada Bupati se-Indonesia, yaitu tentang kebijakan pelayanan pembangunan yang dilaksanakan daerah, agar dapat disesuaikan dengan kondisi masing masing atau potensi daerah. 

Kemudian, himbauan kepada seluruh daerah, agar dapat berlomba-lomba dalam kebaikan. Karena otonomi daerah dimaksudkan untuk mendorong inovasi, bukan stagnan dalam berinovasi. Dengan memperkuat kerja sama antar daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Wiranto juga menyampaikan harapan presiden, karya inovatif setiap daerah bisa menjadi pendorong kemajuan pembangunan daerah. Karena perkembangan iptek cepat, tentu setiap tahun dapat dipamerkan dengan berbeda dan tidak harus terikat.

Karena, lanjut dia, dunia berubah sangat cepat. Evolusi industri sangat dipengaruhi teknologi, sehingga inovasi pembangunan yang dilakukan daerah atau yang dipamerkan harus mengikuti IPTEK dan pemanfaatan teknologi digital.

"Kita berharap, melalui kegiatan ini bisa menjadi wadah pengembangan UMKM ke arah yang lebih baik lagi. Sehingga dapat menjadi sarana, untuk meningkatkan pendapatan dan meningkatkan kesehjateraan disetiap daerah," ungkapnya.

Selanjutnya, Menkopolhukam Wiranto didampingi Ketua Umum APKASI Mardani Maming, membuka secara resmi kegiatan yang ditandai dengan pemukulan Gong, dan dilanjutkan dengan peninjauan ke sejumlah stan pameran. 

Diketahui, dalam kegiatan APKASI Otonomi Expo (AEO) 2019 ini, diikuti oleh 377 Kabupaten. Dengan membuka stan pameran tentang potensi daerah, dan hasil produk-produk unggulan dari masing-masing kabupaten. (Rls/red)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Nasional.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment