Tingkatkan Pelayanan TTG, Pemkab Pesawaran Gelar Pelatihan Posyantek

Tingkatkan Pelayanan TTG, Pemkab Pesawaran Gelar Pelatihan Posyantek Ketua TP.PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi saat memberikan bingkisan kepada peserta pelatihan Posyantek kabupaten setempat..

BINTANGPOST : Pemerintah Kabupaten Pesawaran mengelar pelatihan Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) sebagai pendorong perubahan dibidang ekonomi maupun sosial budaya kemasyarakatan. 

Ketua TP.PKK Pesawaran Nanda Indira Dendi menuturkan, (Posyantek) ini adalah lembaga kemasyarakatan yang berfungsi memberikan pelayanan teknis, informasi, promosi dan orientasi tentang Teknologi Tepat Guna (TTG). 

Menurut Nanda, salah satu upaya memperkuat pemberdayaan TTG harus melalui pemberian keterampilan dan kapasitas kelompok perempuan yang terorganisir dalam Tim Penggerak PKK di setiap tingkatannya. Sebagaimana seperti yang tertuang dalam Permandagri Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Masyarakat Melalui gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

"Melalui kegiatan ini bahwa komitmen Pemerintah Kabupaten Pesawaran untuk memperkuat pemberdayaan masyarakat Desa, agar memiliki pemahaman, kesadaran dan kreatifitas penggunaan sumber daya lokal dalam meningkatkan kualitas hidup dengan dikembangkannya pemanfaatan TTG," ujarnya.

Dengan demikian, lanjutnya, diharapkan masyarakat Pesawaran dapat memiliki kemampuan dalam mengorganisasi para penggiat TTG untuk mengelola kelembagaan TTG secara baik. Sehingga berhasil menggali ragam potensi TTG, meningkatkan implementasi TTG serta menyebarluaskannya kepada masyarakat, ucapnya.

Dia menambahkan, untuk mencapai kualitas pemberdayaan TTG di Kabupaten Pesawaran, melalui dinas terkait seperti Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa akan fokus melakukan peningkatan kapasitas keterampilan bagi Peminat, Pemerhati, dan Pelaku TTG.

Selanjutnya, peningkatan pemahaman peran mendasar perempuan dalam pemberdayaan masyarakat melalui TTG, peningkatan pembinaan kelompok TTG, memperkuat koordinasi dengan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa (P3MD). Dan juga memperkuat kerjasama pembinaan dan peningkatan kualitas serta kapasitas pemanfaatan TTG dengan Perguruan Tinggi. 

"Fokus pemberdayaan TTG ini memiliki relevansi dengan Permendagri Nomor 1 Tahun 2013, tentang pemberdayaan masyarakat melalui gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan Keluarga. Dengan demikian, PKK mempunyai peran strategis dalam pemberdayaan TTG agar produk TTG yang dikembangkan dapat menjadi pembangkit sumber daya ekonomi keluarga yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa," pungkasnya.

Diketahui, dalam pelatihan tersebut memberikan pelatihan ketrampilan kepada kader Posyantek kabupaten Pesawaran. Dalam rangka meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan TTG yang dilaksanakan berdasarkan prinsip untuk meningkatkan usaha ekonomi, mengembangkan kewirausahaan, memberikan manfaat secara berkelanjutan dan sederhana. (Arya)

Admin

Reporter bintangsaburai.com region Pesawaran.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment