SPALD-T Lima Kecamatan di Pringsewu Diresmikan

SPALD-T Lima Kecamatan di Pringsewu Diresmikan Foto. Humas.

BINTANGPOST : Bupati Pringsewu Sujadi mereamikan Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALD-T) lima kecamatan di Kabupaten setempat.

Kegiatan yang merupakan kegiatan DAK Sanitasi tahun anggaran 2018 tersebut, berlangsung di Pekon Wonodadi Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu, Kamis (21/2/2019).

Bupati Pringsewu H.Sujadi mengatakan dalam sambutannya, ruang lingkup program DAK Sanitasi diprioritaskan pada penyediaan sarana sanitasi masyarakat. Diantaranya SPALD-T atau IPAL Komunal bersistem perpipaan.

Dalam hal ini, lanjut Sujadi, untuk setiap lokasi SPALD-T atau IPAL Komunal bersistem perpipaan ini mampu melayani minimal 50 kk, yang dirancangan untuk kapasitas sebanyak 200 kk. Dan SPALD-T ini mampu mengurangi masalah sanitasi, dan sekaligus dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Pringsewu. 

"Untuk itu saya berharap, peran aktif masyarakat serta kreativitas dan inovasi masyarakat untuk keberlanjutan program ini. Demi tercapainya desa mandiri di Kabupaten Pringsewu," tuturnya.

Diketahui, SPALD-T ini masing-masing berada di Pekon Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo, Pekon Pardasuka Kecamatan Pardasuka, Pekon Purwodadi Kecamatan Adiluwih, Pekon Panggungrejo Kecamatan Sukoharjo, dan Pekon Banyumas Kecamatan Banyumas.

Turut hadir dalam acara peresmian yang ditandai dengan prosesi pengguntingan pita, penandatanganan prasasti, pelepasan balon dan pemotongan tumpeng. Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pringsewu Jhondrawadi, Kadis PU Andi Purwanto, para jajaran camat dan kepala pekon lokasi SPALD-T, serta KKM penerima manfaat dan pendamping kegiatan DAK Sanitasi. (Rls)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment