Diskominfosandi Tanggamus Gelar Pembinaan KIM.

Diskominfosandi Tanggamus Gelar Pembinaan KIM. Pembinaan informasi oleh Diskominfosandi, kepada KIM se-Kabupaten Tanggamus..

BINTANGPOST : Untuk mewujudkan masyarakat yang inovatif dalam meningkatkan nilai tambah masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi, Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) Kabupaten Tanggamus menggelar pembinaan informasi kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se-Kabupaten Tanggamus, Senin (27/11). 

Wakil Bupati Tanggamus Samsul Hadi mengatakan, dengan majunya teknologi informasi sekarang ini, harus digunakan dengan sebaik-baiknya. Karena akan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, terutama dalam berkomunikasi dan juga mendapatkan informasi dengan cepat melalui internet.

"Untuk itu, masyarakat saat ini harus cerdas dan bijak dalam menggunakan kemajuan informasi untuk kepentingan positif. Karena di era kemajuan teknologi informasi saat ini, arus informasi sangat mudah dan cepat diakses oleh masyarakat," ujar Samsul.

Dia juga mengungkapkan, melalui pembinaan KIM ini, Pemkab Tanggamus akan terus berupaya untuk mensosialisasikan manfaat dan dampak kemajuan teknologi informasi kepada masyarakat. Karena saat ini, banyak pihak yang tidak bertanggungjawab dalam memanfaatkan informasi yang ada.

"Kita ketahui masyarakat banyak tertipu karna informasi negatif, seperti penipuan melalui sms, penipuan melalui situs jual beli online, penyebaran berita hoax lewat Whatshapp, BBM dan lain-lainya. Semoga dengan adanya KIM ini, dapat menjadikan mayarakat lebih informatif, inovatif, serta bisa menjadi agen informasi dalam pembangunan, sehingga terbentuk masyarakat yang informatif dan sejahtera," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Diskominfosandi Tanggamus Bambang Suyodono yang mewakili Kadis Kominfosandi Sabaruddin menyampaikan, KIM adalah lembaga yang dibentuk dari masyarakat yang melakukan aktifitas informasi. Baik mencari, menerima, mengolah dan memanfaatkan, serta menyebarluaskan informasi untuk kepentingan sosial dan pengembangan diri. 

"KIM ini dibentuk dari masyarakat dan untuk masyarakat. Dalam rangka untuk meningkatkan daya saing dan nilai tambah masyarakat sesuai dengan visi KIM yaitu, terwujudnya masyarakat inovatif dalam meningkatkan nilai tambah masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi dalam rangka mencapai masyarakat informasi yang sejahtera," jelasnya. 

Dia juga mengungkapkan, tujuan pembinaan ini untuk meningkatkan kualitas SDM anggota KIM, dan juga meningkatkan nilai tambah anggota KIM dan masyarakat.

"Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan untuk meningkatkan peran KIM dalam pembangunan, serta memfasilitasi terbentuknya jaringan antar anggota KIM se-Kabupaten Tanggamus," ungkapnya. 

Diketahui, dalam pembinaan tersebut menghadirkan tiga narasumber sebagai pembicara, yaitu yakni Nurjoko, Ketua Jurusan Sistem Informasi IBI Darmajaya, Yuni Arkiansyah, Ketua Jurusan Teknik Informatika IBI Darmajaya. Dan juga Derius Putrawan, Kabid Humas dan IKP Pemkab Tanggamus.

Para pembicara ini akan menyampaikan materi tentang penggunaan internet cerdas, kreatif dan produktif (INCAKAP), penggunaan internet dan dampaknya, serta memahami UU ITE dalam berinteraksi dengan internet.

Dan kegiatan tersebut diikuti sekitar 200 peserta dari KIM se-Kabupaten Tanggamus, yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Tanggamus Samsul Hadi. (Sis)


Admin

Reporter bintangsaburai.com region Tanggamus.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment