Peringatan Harkitnas Momentum Mengejar Ketertinggalan Bangsa

Peringatan Harkitnas Momentum Mengejar Ketertinggalan Bangsa Upacara peringatan Harkitnas ke.110 tahun 2018 Pemprov Lampung.

BINTANGPOST : Pjs. Gubernur Lampung Didik Suprayitno berharap menjadikan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) sebagai momentum mengejar ketertinggalan dengan bangsa lain.

Hal tersebut dikatakan Didik, saat membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, dalam upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 Tahun 2018, di Lapangan Korpri Kantor Gubernur Lampung, Senin (21/5/2018). 

"Era saat ini adalah kesempatan bagi kita untuk tidak buang-buang waktu. Momentum sekarang ini menuntut kita untuk lebih fokus dalam pembangunan, khususnya pada program pendidikan dan pengembangan manusia Indonesia," ujarnya.

Didik juga menyampaikan, menurut perhitungan para ahli, sekitar dua tahun lagi kita akan memasuki sebuah era keemasan dalam konsep kependudukan, yaitu bonus demografi. Bonus demografi menyuguhkan potensi keuntungan bagi bangsa karena proporsi penduduk usia produktif lebih tinggi dibanding penduduk usia non-produktif. 

Selain itu, proyeksi keuntungan bonus demografi ini akan tinggal menjadi proyeksi jika kita tidak dapat memaksimalkannya, ucapnya.

"Generasi bonus demografi yang kebetulan juga beririsan dengan generasi milenial, pada saat yang sama juga terpapar oleh masifnya perkembangan teknologi, terutama teknologi digital. Digitalisasi di berbagai bidang, membuka jendela peluang dan ancaman jika hanya pasif menjadi pengguna dan pasar. Namun akan menjadi berkah jika kita mampu menaklukkannya menjadi pemain yang menentukan lansekap ekonomi berbasis digital dunia," tuturnya.

Dalam sambutan tersebut disampaikan juga untuk mengajak semua elemen masyarakat, bersama-sama menjauhkan dunia digital dari anasir-anasir pemecah belah dan konten-konten negative. Agar anak-anak kita bebas berkreasi, bersilaturahmi, berekspresi dan mendapatkan manfaat darinya.

"Sudah seharusnya dunia yang serba digital ini menjadi wadah yang kondusif bagi perkembangan budi pekerti, yang seimbang dengan pengetahuan dan keterampilan generasi penerus kita," katanya.

Untuk itu, tambahnya, mari kita memaknai peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 ini untuk semaksimal mungkin menfasilitasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama generasi muda yang akan membawa kepada kejayaan bangsa di tahun-tahun mendatang, tutupnya.

Dengan mengambil tema 'Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital', upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 Tahun 2018 provinsi Lampung ini diikuti oleh  Staf Ahli Gubernur, Sekretaris Daerah, Pejabat Eselon II, III, dan IV, serta seluruh ASN Pemerintah Provinsi Lampung. (Rls)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Lampung.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment