Puncak Calliandra Hill, Pesona Alam Pegunungan di Pekon Salapan Pringsewu

Puncak Calliandra Hill, Pesona Alam Pegunungan di Pekon Salapan Pringsewu Foto. Ari bintangpost.com.

Pringsewu (BP) : Jika ke Kabupaten Pringsewu, sempatkan untuk mengunjungi destinasi wisata Pekon Selapan, Kecamatan Pardasuka yang membuat kita serasa berada diatas awan. 

Kita bisa menikmati senja dari ketinggian yang berada di salah satu destinasi wisata Lampung di ujung selatan yang berjarak kurang lebih 27 km dari ibukota Kabupaten Pringsewu.

Untuk menuju destinasi wisata Pekon Selapan dari Pardasuka, lokasinya berbatu dan menanjak, karena pekon ini berada didataran tinggi, perbukitan atau dikawasan pegunungan.

Keelokan Pekon Selapan yang merupakan pekon paling ujung di Kabupaten Pringsewu yang terdiri dari 8 dusun dengan ratusan keluarga dan ribuan jiwa ini, adalah seperti desa di atas awan. Masyarakatnya mayoritas bersuku Sunda dan Jawa dengan mata pencaharian adalah bertani.

"Jika ada kabut itu biasanya setelah hujan. Kalau hujan atau gerimis di sore atau malam hari, paginya pasti berawan," ujar Ari, wartawan bintangpost.com saat mengunjungi puncak tersebut.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/8571/polres-pringsewu-amankan-upacara-melasti

Ari juga menceritakan, selain Calliandra Hills ini, ada juga spot lainnya di Pekon Selapan yang bisa dikunjungi, seperti Bukit Halimun dan Gunung Selapan, goa harimau, goa kembar, dan beberapa spot lainnya.

"Dan ada beberapa lokasi lainnya yang masih cukup ekstrim yang dapat meningkatkan adrenalin. Terutama saat menuju Bukit Halimun yang memiliki view indah, salah satunya menghadap belakang puncak tersebut terdapat laut putih, kalau menghadap depan bisa melihat kota Bandar Lampung," tuturnya.

Terkait hal ini, dalam upaya mewujudkan lingkungan yang hijau dan ramah lingkungan sejak dini di Pekon Selapan, SRG Adventure yang berkolaborasi bersama Pokdarwis Pekon Selapan mengadakan Fun Camp Exsplorasi alam dan penanaman pohon di Puncak Gunung Selapan pada Senin (4/2/2024) lalu.

Kegiatan yang juga diikuti oleh penggiat alam dan kelompok pencipta alam ini, mengambil tema "Give Your Hand and save The Worid", yang bertujuan untuk menjaga alam dan lingkungan dan menjadikan Desiwata Pekon Selapan yang memiliki wisata alam yang luar biasa.


Ageng Dian Saputra selaku Ketua SRG Adventure menuturkan, kegiatan ini sebagai langkah upaya dalam menjaga alam dan lingkungan pegunungan Pekon Selapan. Karena pekon ini memiliki potensi wisata yang luar biasa, dengan penduduk yang ramah.

"Selain harus diperkenalkan kehalayak ramai, potensi yang ada ini tentunya harus kita jaga dan kelola dengan baik. Dan kegiatan ini selain menjaga kelestarian lingkungan, juga untuk mendukung program pemerintah dalam menciptakan wilayah yang hijau dan ramah lingkungan," terangnya.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/8551/pj-bupati-pringsewu-resmikan-alun-alun-pandansari

Penanaman pohon ini juga sebagai tindakan konkret untuk menciptakan lingkungan yang sejuk, menyegarkan udara, dan memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan sekitar.

"Kegiatan ini bukan hanya sekadar menanam dan merawat bibit saja, tetapi juga untuk memberikan contoh nyata kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kelestarian alam sejak dini untuk masa depan yang lebih baik," ujarnya.

Sedangkan menurut salah satu pengurus Pokdarwis Pekon Selapan Syarif HT menuturkan bahwa, kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang positif.

Dia juga menekankan pentingnya kesadaran kolektif dalam menjaga dan melestarikan lingkungan demi masa depan yang lebih baik. Seperti yang dilakukan oleh SRG Adventure dan para pecinta alam yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

"Karena dengan memiliki lingkungan yang hijau, kualitas udara akan lebih baik, suhu udara akan lebih sejuk, dan masyarakat akan mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih baik," ujarnya.

Dan kami sebagai warga, dengan hijaunya alam di Puncak Selapan ini, pesona dan potensi wisata alam yang ada akan semakin lebih bagus. Sehingga diharapkan akan menjadi salah satu destinasti wisata alam pegunungan yang ada di provinsi Lampung ini, pungkasnya. (ari)








    

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment