Pesawaran Jadi Pilot Projek TPB SDGs Provinsi Lampung

Pesawaran Jadi Pilot Projek TPB SDGs Provinsi Lampung Asisten I Setdakab Pesawaran Syukur, saat menyampaikan sambutan dalam sosialisasi SDGs di GSG Pemkab setempat..

BINTANGPOST : Kabupaten Pesawaran menjadi salah satu Pilot Projek di Provinsi Lampung dalam pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Suistanable Development Goals (SDGs) yang merupakan agenda global inisiasi Peserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Pesawaran Syukur menuturkan, proses pencapaian SDGs ini akan dilaksanakan pada tingkat Provinsi Lampung bersama dua (dua) kabupaten lainnya. Yaitu Kabupaten Lampung Utara dan Kabupaten Lampung Timur, dengan target yang berhubungan dengan agenda pembangunan daerah.

"Dalam sosialisasi ini, Kabupaten Pesawaran menjadi Pilot projek bersama dua kabupaten lainnya untuk menerapkan SDGs yang berisi 17 Tujuan dan 169 Target, yang merupakan rencana aksi global untuk 15 tahun ke depan. Hal ini guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan," jelasnya saat menyampaikan sambutan, mewakili Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona dalam sosialisasi SDGs di gedung serba guna (GSG) Pemkab setempat. 

Sebagai pembuat kebijakan, lanjut Syukur, pemerintah daerah memegang peran kunci dalam menghubungkan tujuan pembangunan berkelanjutan dengan masyarakat. Secara khusus mengkoordinasikan integrasi TPB ke dalam kebijakan pembangunan, yang disesuaikan dengan potensi dan tantangan yang ada di daerah masing–masing.

"Jadi dalam kegiatan ini, diharapkan kedepannya nanti dapat diterapkan cita-cita seluruh negara di dunia dalam melakukan pembangunan berkelanjutan, dengan tujuan mengentaskan kemiskinan," terangnya. 

Dia juga menjelaskan, SDGs ini memiliki berbagai keunggulan, dan Pemerintah Pusat juga sudah mengeluarkan Perpres No.59 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dimana dalam penerapannya, semua negara memiliki kewajiban moral mencapai tujuan SDGs. 

"Saya berharap dalam kegiatan ini, narasumber dapat mentransfer pengetahuannya tentang SDGs. Memfasilitasi serta memotivasi kepada para peserta sosialisasi, yang nantinya dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," pungkasnya. (Reft) 

Admin

Reporter bintangsaburai.com region Pesawaran.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment