Tetan Masduki : Kementrian Koperasi dan UKM Akan Bantu Pasarkan Produk Pesawaran

Tetan Masduki : Kementrian Koperasi dan UKM Akan Bantu Pasarkan Produk Pesawaran Foto. Red bintangpost.com.

PESAWARAN-BINTANGPOST : "Saya akan mendukung dan memfasilitasi para pelaku UKM dan IKM yang ada di Kabupaten Pesawaran, khususnya dalam hal pemasaran".

Hal itu diungkapkan Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, saat melakukan kunjungan kerja dan persemian Galeri Coklat Kabupaten Pesawaran, di Desa Negeri Sakti, Kecamatan Gedong Tataan, kabupaten setempat, Rabu (8/9/2021).


Selain itu, Teten Masduki juga memberi apresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, dengan membangun galeri UMKM di Pesawaran.

Menurut dia, langkah Bupati dan Pemkab Pesawaran dalam mendorong pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) sudah sangat baik.

"Ini salah satu ide bagus, dan nanti hasil produksi UMKM disini (Pesawaran,red) bisa kita fasilitasi melalui Smesco, untuk mendekatkan dan memudahkan akses pemasaran bagi usaha kecil dan menengah," ungkap Menteri.


Sementara itu, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menjelaskan, bahwa dibangunnya galery coklat IKM dan UKM ini bertujuan untuk memudahkan para pelaku UMKM di Kabupaten Pesawaran dalam memasarkan hasil produksi.

"Jadi kalau di pusat itu ada Smesco. Kalau di Pesawaran ada galeri UKM dan IKM ini, sesuai dengan amanat pemerintah pusat kepada Pemda untuk membangun suatu tempat yang digunakan untuk mengekspose produk-produk UMKM yang sudah siap dipasarkan dengan memenuhi standar kualitas yang ditentukan," terang Bupati.

Bahkan, lanjut Dendi, pak Menteri juga menyampaikan akan memberikan bantuan berupa dana bergulir bagi petani kakao yang sudah memiliki koperasi. Selain itu, hasil produk jadi dari Kabupaten Pesawaran akan dibawa ke tingkat nasional, tentunya sudah lolos quality control, timpalnya.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/4901/bupati-dendi-pesawaran-masih-defisit-vaksin

http://bintangpost.com/read/4844/bupati-dendi-minta-pengelola-dan-pelaku-wisata-di-pesawaran-bersabar

http://bintangpost.com/read/4848/pesawaran-dapat-penghargaan-kla-2021-dari-kementrian-pppa

Bupati Dendi juga mengungkapkan, Pesawaran memiliki potensi UMKM yang baik. Hal itu terbukti dari beberapa hasil produk UMKM Pesawaran yang sudah Go Internasional.

"Sudah ada produk kita yang sampai ke tingkat interasional, yaitu Coklat Krakatoa. Itu coklatnya dari Pesawaran, tapi pengolahannya memang masih di Bandar Lampung," jelasnya.

Termasuk, tambah Dendi, Tapis Pesawaran sudah ada di airport Amsterdam, Belanda. Makanya Bapak Menteri Koperasi juga tertarik untuk mengangkat museum tapis Akbar kita menjadi destinasi wisata unggulan.

"Dengan melibatkan pelaku-pelaku UKM di Pesawaran, nanti akan disandingkan dengan beberapa kementerian. Seperti Kementerian Pariwisata, Kementerian perdagangan dan kementerian pendidikan," ungkapnya.

Turut hadir, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, dan jajaran Deputi Kementrian Koperasi dan UKM, beserta jajaran Forkopimda, dan OPD Pemkab Pesawaran. (red)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pesawaran.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment