15.000 Orang Melancong Ke Tanggamus Pada Libur Tahun Baru

15.000 Orang Melancong Ke Tanggamus Pada Libur Tahun Baru Foto: Iatimewa.

BINTANGPOST: Kunjungan Wisatawan Kabupaten Tanggamus meningkat mencapai 15 ribu orang pada libur tahun baru 2018.

Meningkat nya kunjungan wisatawan ke Kabupaten Tanggamus tahun 2018 lebih besar di banding tahun lalu.kisaran tahun ini  melonjak naik mencapai dengan angka 20 persen, jika dibandingkan kunjungan wisatawan di moment libur yang sama pada tahun baru 2017 hanya 12 ribu pengunjung wisatawan.

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran dan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Tanggamus, Marhasan  Samba mengatakan,  kunjungan wisatawan masih terfavorit ke destinasi wisata Bahari Teluk Kiluan yang juga di kenal Dolphin Bay atau Teluk Lumba-Lumba. Dimana kunjungan wisatawan ke Dolphin Bay mencapai 2500 kunjungan wisatawan saat liburan tahun baru lalu. 

Kemudian destinasi wisata alami air terjun Lembah Pelangi Ulu Belu dan air terjun Way Lalaan Kotaagung Timur, juga masih di minati pengunjung, yang mana masing- masing mencapai 2000 kunjungan wisatawan.

Kemudian beberapa destinasi wisata lainnya juga menyumbang kunjungan wisata lumayan banyak, seperti destinasi wisata Karang Bolong, Air Terjun Batu Lapis Pulau Panggung, air terjun Lamuran dan wisata pantai Muara Indah Kotaagung.

"Memang setiap tahun ada peningkatan kunjungan wisatawan ke beberapa spot destinasi yang kita miliki kisaran 15-20 persen disetiap momen liburan. Namun pada liburan tahun baru 2018 kemarin, peningkatan kunjungan wisatawan cukup signifikan yakni mencapai 20 persen ke Tanggamus," ujarnya, Minggu (07/01/2018).

Marhasan Samba menambahkan, kemajuan dunia pariwisata Kabupaten Tanggamus, tidak lepas dari kerja keras para pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sebagai pihak pengelola masing-masing destinasi wisata. 

Pokdarwis terbentuk dari masyarakat sekitar destinasi, utamanya para pemuda dan pemudinya, dibina oleh Dispar Tanggamus, bagaimana cara mengelola destinasi yang baik dan benar serta profesional, dengan mengedepankan sapta pesona wisata.

"Saat ini di 18 lokasi destinasi wisata sudah terbentuk Pokdarwis dari unsur pemuda setempat, nah pokdarwis inilah yang mengelola destinasi wisata dibawa pantauan dinas." imbuhnya.

Diketahui, wisatawan yang berkunjung ke Tanggamus masih didominasi wisatawan domestik, untuk wisatawan manca negara masih terfokus di wisata teluk kiluan dan wisata edukasi taman nasional bukit barisan. 

Adapun untuk saat ini Pemkab Tanggamus belum menikmati hasil berupa pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata tersebut, karena yang dikembangkan adalah membangun ekonomi masyarakat.

"Yang kita harapkan kedepan untuk pemasukan kas daerah dari tiga spot wisata milik Pemkab Tanggamus yakni air terjun way lalaan, beberapa titik lokasi di teluk kiluan" terangnya lagi. 

Kabupaten Tanggamus akan menjadikan ikon wisata kedepan yang saat ini masih tahap pembangunan, yaitu wisata pantai muara indah Kotaagung, dengan ikon lumba lumba setinggi 13 meter.(sis-aap).

Admin

Reporter bintangsaburai.com region Tanggamus.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment